Tugas 5 Elektronika Daya

1. What are the parameters for controlling power is a transmission line ?
Jawab:
Line impedance, magnitude and phase angle of bus voltage

2. What is the basic principle of shunt compensator ?
Jawab:
to supply reactive power to increase the transmission power and to make it more compatible with the prevailing load demand.the shunt compensator should be able to minimize the line overvoltage under light load conditions, and maintain voltage level under heavy load condition.
3. What is the TCR ?
Jawab:
 
Thyristor-Controlled Reactor adalah jenis dari compensator yand dibuat dari sebuah supplai induktansi melalui ac -ac converter menggunakan dua buah thyristor anti paralel.
4. What is the TSC ?
Jawab:
 
Thyristor switched capacitor) adalah rangkaian yang digunakan untuk mengkompensasi daya reaktif pada sistem elektronika daya. TSC terdiri atas kapasitor daya yang disambung seri dengan bidirectional thyristor, dan biasa digunakan membatasi induktor (reaktor). TSC merupakan komponen yang penting bagi Static VAR Compensator (SVC).
5. What is the SVC ?
Jawab:
 
SVC adalah mengatur besarnya VAR dan tegangan dengan mengatur besar daya reaktif intduktif dari reaktor serta menyediakan daya reaktif dengan reaksi yang cepat
6. What is the statcom ?
Jawab:
 
Static Synchronous Compensator, injeksi arus melalui tranformator yang berfungsi sebagai penyedia Volt Ampere Reactive (VAR) untuk menjaga kestabilan voltase pada jaringan transimi yang panjang dan berbeban tinggi
7.  What is the basic principle of series compensation ?
Jawab:
 
Pada series compensation, the FACTS (Flexible AC transmission system) dihubungkan seri dengan sistem daya. Hal ini bekerja sebagai pengontrol tegangan sumber. Induktansi seri selalu digunakan pada semua jalur transmisi AC. Pada jalur yang panjang, ketika arus besar mengalir, hal ini menyebabkan drop tegangan yang besar. Untuk mengkompensasi tegangan drop ini, kapasitor seri dihubungkan untuk mengurangi efek dari induktansi.
8. What is the TSSC ?
Jawab:
 
Thyristor Switched Series Capacitor merupakan rangkaian seri kapasitor yang dihubung singkat oleh sebuah reaktor thyristor-switched.
9. What is the TCSC ?
Jawab:
 
Thyristor Controlled Series Capasitor yang berfungsi sebagai pengendali impedansi dari jaringan transimis
10. What is the FCSC ?
Jawab:
 
Forced Commutation Controlled Series Capacitor merupakan rangkaian yang dibentuk oleh kapasitor seri dengan kontroler. Cara kerja FCSC sama dengan TSC, kecuali pada switch  diganti dengan alat pendorong secara komutatif.
11. What is a series stacom ?
Jawab:
 
SSSC (static Synchronous series compensator) yang berarti rangkaian seri alat Flexible AC transmission system /FACTS menggunakan elektronika daya untuk mengontrol aliran daya dan meningkatkan osilasi daya menguasai jalur daya. The SSSC menginfus sebuah tegangan Vs dihubung seri dengan jalur transmisi yang tekoneksi.
12. What is the basic principle of phase angle compensation ?
Jawab:
 
Prinsip dasar kompensasi sudut phasa adalah untuk meningkatkan strategi LVRT (Low voltage ride through) yang ada.
13. What is the phase shifter ?
Jawab:
 
Penghubung dua sistem dengan phasa yang berlebihan atau perbedaan phasa yang tidak terkontrol. namun hal ini megizinkan pengaturan besar beda phasa.

14. What is quadrature booster (QB) ?
Jawab:
 
Quadrature booster dapat menyediakan tegangan dengan instalasi yang sesuai dengan koneksi pada trafo. Trafo menyediakan pergeseran phasa yang penting atau tegangan quadrature sekitar sistem untuk mengendalikan arus yang sesuai.
15. What is the UPFC ?
Jawab:
 
Unified Power Flow Controller, dapat mengendalikan impedansi transimis, tegangan dan sudut fasa. UPFC merupakan kombinasi statcom dan SSSC.
16. What is the SSVC ?
Jawab:
 
Solid State Var Compensator bekerja pada tegangan inverter PWM. Inverter dihubungkan oleh tegangan AC melalui reaktor. Sebuah kapasitor DC terhubung ke sisi DC dari VAR compensator. Kapasitor berfungsi mempertahankan rippe tegangan DC pada input serta menyimpan daya reaktif, lalu SSVC terhubung ke beban melalui LPF orde dua yang mengurangi arus harmonik komponen sebagai jaringan utilities.

Comments

Popular Posts